Rabu, 20 Januari 2010

Tetep Fit Saat Ujan

Dari pagi ujan terus ga da berenti. Selalu begitu tiap hari beberapa hari ini, tapi gpp lah kan emang lagi musim ujan. Kadang sebel sih karena beberapa aktivitas pasti terganggu. Apalagi kalo ujannya pagi-pagi, hmmm....bikin muales bangun. Pengennya naikin selimut mulu, jadi males nyiapin keperluan suami ke kantor, hehehe....
Sampe saat saya nulis inipun si hujan masih semangat mengguyur bumi Patiku tercinta ini. Semoga saja ini pertanda akan banyak berkah yang kami terima di awal tahun ini. Amin.

Be Te We busway, kapan saya bisa pergi belanja kalo hujan terus gini? padahal udah banyak banget yang harus dibeli. Semalem si ayah aja udah bikin list titipan yg lumayan panjang, dan barang-barang itu harus sudah ada di mejanya saat dia pulang dari kantor ntar malem, weikkkk....!!! semoga lekas reda deh, soalnya saya juga mau beli night cream yg udah habis saya korek-korek pake cutton bud tadi malem :D

Ngomongin soal hujan, tubuh kita pasti akan lebih rentan terkena penyakit apabila terkena air hujan. Ya,  meski kita udah mencoba menghindar dari hujan entah itu dengan naik mobil, taxi, pakai  jas hujan atau payung pun tubuh kita tetep ga luput terkena air hujan. Oleh sebab itu kita harus lebih memprotect diri kita dan keluarga agar jangan sampai jatuh sakit, meskipun cuma flu biasa. Selain menjaga kebersihan lingkungan, cara paling efektif adalah menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Perubahan nyata musim hujan adalah terjadinya perubahan cuaca yang drastis, kelembaban relatif tinggi, angin bertiup kencang dengan arah yang berubah-ubah, fluktuasi suhu dan kelembaban yang tajam, serta adanya perbedaan suhu yang menyolok antara siang dan malam, sehingga membuat tubuh menggunakan lebih banyak energi untuk beradaptasi. Paling tidak ada 4 cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, antara lain:
  1. Makan bergizi, makanan bergizi sangat dibutuhkan tubuh, makanan bergizi adalah makanan yang cukup mengandung unsur karbohidrat, lemak, protein, mineral dan susu. Bila makanan yang dimakan setiap hari tidak bergizi, tubuh akan lemas. Hal itu membuat daya tahan menurun. Untuk memastikan bahwa tubuh cukup mendapatkan zat gizi, sebaiknya mengonsumsi suplemen yang mengandung gizi lengkap yang telah terbukti efektif dan aman. 
  2. Istirahat cukup, istirahat merupakan saat untuk mengisi dan mengoreksi kembali segala sistem dalam tubuh kita. Untuk itu, agar daya tahan tubuh baik, istirahatlah yang cukup. Kebutuhan tidur dalam sehari sekitar 8 jam. 
  3. Olahraga teratur, karena cuaca yang sering tidak berahabat, pilihlah waktu yang tepat (seperti pagi hari) atau olah raga ringan yang dapat dilakukan di dalam rumah, karena dengan tetap melakukan olahraga teratur, kemampuan fisik akan tetap terjaga, dan tentu daya tahan tubuh juga akan tetap stabil. 
  4. Hindari stress, stress sangat mempengaruhi psikologis seseorang. Dalam kondisi stress, orang akan malas beraktivitas, nafsu makan menurun, sulit tidur, dan mudah emosi. Kondisi seperti itu, bila terus dibiarkan akan menurunkan daya tahan tubuh.
Selain itu saya juga ada beberapa tips yang biasa saya lakukan di saat musim hujan agar  saya dan keluarga tetap fit, misalnya : 
  • Segeralah mandi keramas setelah kehujanan, hal ini untuk mengindari pusing kepala dan flu setelah kehujanan.
  • Setelah itu hangatkan tubuh dengan mengkonsumsi minuman hangat, misal teh hangat, wedang jahe, susu hangat, ronde, atau sekoteng. Yang paling saya sarankan adalah wedang jahe, karena jahe mengandung antioksidan yang dapat menetralkan racun-racun di dalam tubuh akibat radikal bebas, selain itu juga mampu membantu melawan flu dan pilek.
  • Bagi yang telah memiliki buah hati, sebaiknya segera dimandikan dengan air hangat untuk menghilangkan kotoran air hujan dan menghangatkan badan. Setelah itu, kenakan baju hangat dan siapkan makanan dan minuman hangat, misalnya susu cokelat. Susu cokelat memberikan asupan 25 persen kalsium, kandungan glukosa dan protein dalam susu cokelat bisa meningkatkan kembali stamina anak.
Demikian info dari saya, semoga bermanfaat ya... Alhamdulillah setelah selesai nulis ini, hujan  reda. Sekarang saya bisa pergi belanja deh, semoga nggak hujan lagi sampai saya pulang belanja dan suami sampai rumah nanti sore. Keep healthy first ya...!

~ yesi ~





Tidak ada komentar:

Posting Komentar